Minggu, 08 Maret 2015

INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM DUNIA !

                “Poros maritime dunia“ itulah salah satu yang di cita-citakan presiden kita Jokowi , dalam pernyataannya beliau menegaskan bahwa geopolitik indonesia dibawah masa kepemimpinannya adalah maritim , terlepas dari siapa presiden kita seharusnya sebagai Negara dengan matirim terbesar sudah semestinya gagasan mengenai Indonesia sebagai poros maritime dunia ini di dukung oleh semua masyarakat Indonesia bahkan sudah seharusnya ini menjadi ideologi utama pada Negara ini, namun hal tersebut masih belum di sadari oleh masyarakat Indonesia , padahal jika kita telusuri , laut Indonesia sangat kaya akan potensi lautnya yang akan dapat memenuhi kemakmuran bangsa. Tapi sebelum kita membahas terlalu jauh ,di sini akan diberi sedikit penjelasan mengenai poros maritime dunia itu sendiri baik mengenai apa maritime dunia itu, apa pentingnya bagi Indonesia, dan juga apakah Poros Maritim Dunia dapat membuat Indonesia lebih berpengaruh pada lingkup internasional.
           
          Jika dapat di maknai , gagasan mengenai poros maritime dunia adalah upaya dalam memaksimalkan potensi yang ada pada laut Indonesia demi kemakmuran bangsa . Mengapa demikian Luas perairan laut Indonesia saat ini adalah 3.257.483 Km persegi. Jika digabung dengan Zona Ekonomi Eksklusif, luas perairan Indonesia mencapai 7,9 juta bisa di bayangkan betapa luasnya perairan Indonesia , tidak hanya demikan  potensi yang ada pada wilayah pesisir Indonesia sangatlah banyak. Dapat di gambarkan , di kutip dari kuliah yang sedang di tempuh penulis dalam mata kuliah pengelolaan wilayah pesisir adalah sebagai berikut.


            Bagi Indonesia yang merupakan Negara kepulauan , wilayah laut merupakan jalur utama yang vital bagi pergerakan ekonominya, tidak hanya bagi Indonesia , dengan alur laut kepulauan Indonesia perairan indonesaia (ALKI) yang di milikinya dianggap merupakan jalur utama pergerakan perekonomian dunia bahkan sebagian Negara menganggap perairan Indonesia merupakan TOL utama arus perairan , perputaran ekonomi antar Negara sangat bergantung pada perairan Indonesia membuat Indonesia menjadi aktor utama di dalamnya, sehingga sudah seharusnya di perhatikan oleh pemerintah dan masyarakat.


Dengan letak geografis yang sangat menguntungkan konsep mengenai poros maritime dunia sangatlah cocok untuk Indonesia dengan spesifikasi yang telah di jelaskan sebelumnya  , namun menjadi poros mariti  dunia tidaklah mudah , terutama dari segi pertahanan dan keamanan, karena Negara harus menjaga batas Negara kita dengan benar , agar tidak terjadi penyalahgunaan perairan Negara kita baik oleh masyarakat dalam maupun luar , dengan pertahanan dan keamanan yang baik , masyarakat Indonesia akan merasa nyaman dalam mengembangkan potensi potensi yang ada , pertumbuhan ekonomi bangsa pasti akan berkembang dengan pesat, namun mejadi pertanyaan besar kepada Negara kita apakah Negara kita mampu melakukan semua hal tersebut, bagi penulis dengan adanya kesadaran dari semua masyarakat penulis yakin bahwa bangsa yang besar ini mampu , tinggal bagaimana cara kita untuk menjaga kekayaan itu semua, peran aktif pemerintah dalam hal ini sangat membantu masyarakat , sosialisasi wilayah perairan sudah seharusnya menjadi doktrin utama Negara ini . dengan peran aktif oleh pemerintah dan masyarakat suatu saat indonesia akan mampu mewujudkannya sebagai Negara Poros maritim dunia. J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Search