Senin, 11 Januari 2016

Arti penting “BATAS NEGARA” dimata saya.



Indonesia merupakan negara kesatuan yang berbentuk kepulauan dengan wilayah perairan yang memisahkannya, dengan bentuk geografis tersebut membuat Indonesia memiliki batas perairan dengan negara-negara tetangga , diantaranya ada 10 negara tetanggga yakni India, Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina, Palau, Papua Nugini, Timor Leste dan Australia (Arsana 2013). Namun apakah pengertian batas itu sendiri? apakah garis/line ? pemisah? kedaulatan? ZEE? Malaysia? atau perang?, hal-hal tersebut mungkin akan terlintas di pikiran saudara terkait dengan representasi dari kata “batas” itu sendiri, penulis juga demikian , disini saya akan membahas arti penting Batas negara dari sudut pandang penulis .
Batas Negara, menurut pengertian secara umum, batas negara merupakan garis yang memisahkan kedaulatan antar dua negara atau lebih pada suatu wilayah, yang juga tidak terlepaskan dari istilah Laut Teritorial , Landas Kontinen dan Zona Ekonomi Eksklusif. Memang benar adanya batas merupakan garis yang terkait dengan komponen komponen tersebut, namun bagi penulis, batas merupakan bentuk representasi kehadiran “Negara” di masyarakat , mengapa demikian ?
Pernahkan anda berpikir apakah Bentuk kehadiran “Negara” yang langsung dapat anda rasakan? selain saat mengurus KTP , SIM dan Kartu Keluarga(KK)? ………….…. Ya mungkin sebagian dari pembaca akan berhenti sejenak unutuk berpikir demikian, bentuk adanya “Negara” yang langsung dapat kita rasakan di sekitar kita salah satunya selain yang saya sebutkan diatas iyalah Batas. Kenapa batas? tanpa anda sadari batas negara merupakan hal yang dapat merepresentasikan bagaimana bentuk suatu negara,  baik yang akan tergambar di peta ataupun bentuk wilayah yang dapat dijadikan tempat untuk mendapatkan penghasilan, terlebih batas maritime yang selama ini menjadi salah satu isu nasional yang sangat gempar di perbincangkan. Selain itu Bayaknya permasalahan terkait perbatasan berdampak langsung pada masyarakat yang mempunyai mata pencaharian di sekitar garis batas ini , membuat Batas atar-Negara ini sudah semestinya menjadi prioritas utama negara ini untuk segera di selesaikan dan dapat membuat suatu negara dapat menunjukan kedaulatannya. Bagi penulis selaku warga Indonesia yang kebetulan mengambil konsentrasi keilmuan di bidang spasial (surveyors) yang memang terkait langsung dengan aspek teknis penentuan batas wilayah suatu negara mencanangkan bahwasannya penentuan garis batas suatu negara memanglah bukan hal yang mudah baik itu dari aspek teknis sekalipun , tak jarang pula terjadi perundingan yang panjang antar negara untuk dapat menentukan dimana tempat garis batas itu berada.
Sudah semestinya pemerintah dapat segera menyelesaikan delimitasi batas maritime Indonesia yang ada, peran penting pemerintah selaku organisasi yang dimiliki suatu negara sangat di perlukan dalam hal ini karena dengan “batas” suatu negara dapat merepresentasikan arti penting kehadiran suatu “Negara”  dapat di rasakan langsung  masyarakat

1 komentar:

Search